Kamis, 20 Desember 2012

lasson study



Lasson Study

Sekali lagi Universitas Nusantara PGRI Kediri mendapat kepercaaan dari pemerintah untuk mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini di karenakan Universitas yang di pimpin oleh Rektor Drs. H. Samari, S.E.,M.M. ini menjadi peringkat ke empat dalam pengembangan metode pengajaran bagi peserta didik atau Lasson study dibawah UPI Bandung, UNY dan UM.
            Dari 42 (empat puluh dua) proposal yang diajukan PTN/PTS se-Indonesia kepada DIKTI UNP menjadi satu-satunya Universitas suasta yang masuk lima besar. Ketika dikonfirmasi Jum’at (10/8) Bpk. Zainal Afandi,M.Pd. yang juga sebagai anggota tim pengembangan Lasson Study menjelaskan “Lasson Study merupakan program pemerintah dalam hal ini DIKTI untuk mengembangkan dunia pendidikan terutama pengembangan metode pengajaran bagi peserta didik yang pesertanya adalah Bapak/Ibu dosen yang masuk dalam tim ini”.
            Beliau menambahkan “bahwa Lassan Study ini diadopsi dari Jepang kemudian dikembangan di Amerika dan saat sudah mulai dipakai oleh berbagai Negara termasuk Indonesia”. Bagi UNP kepercayaan dari pemerintah ini adalah salah satu prestasi tersendiri, karena bisa menyisihkan 42 proposal yang diajukan PTN/PTS se-Indonesia.
            UNP sendiri mengajukan lima program studi (Prodi) dari sebelas program studi yang ada di bawah FKIP, kembali Bpk. Zainal Afandi,M.Pd. menambahkan “ada lima prodi yang kami ajukan yakni Pend. Sejarah, Pend. PPKN, Pend. Biologi, Pend. PEA dan Pend. B.Inggris. Diharapkan dari lima prodi ini nanti akan berkembang pada seluruh prodi yang ada di UNP dalam tiga tahun kedepan”.
            Mekanisme dari Lasson Study ini adalah satu tim terdiri dari 10 orang dosen dan 1 dosen dijadikan sebagai model/contoh untuk mengajar dihadapan mahasiswa, selama satu tahun proses ini akan dipantau langsung oleh DIKTI dan PT yang di tunjuk dalam hal ini (UPI,UNY dan UM), apabila dalam satu tahun itu dirasa berhasil maka program Lasson Study ini akan dilanjutkan ditahun berikutnya.
            “Lasson Study ini sudah ada sejak 2006 dan UNP mendapakan kepercayaan setelah memasuki periode ke-4 jadi Lasson Study ini bukan program baru dan diharapkan kedepan program pengembangan ini juga akan diterapkan di SD,SMP maupun SMA dan dosen kita bisa dijadikan modelnya”. Pungkas Bpk Zainal Afandi,M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar