Jumat, 23 Maret 2012

DIARE




Diare adalah buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari satu hari sekali biasanya berlangsung selama dua atau tiga hari. Terdengar sepele akan tetapi penyakit ini adalah penyebab nomor satu kematian balita di dunia sedangkan di Indonesia penyakit ini penyebab kedua setelah ISPA (infeksi saluran pernapasan atas). UNICEF memperkirakan bahwa setiapp 30 puluh detik ada satu balita yang meninggal di dunia ini dikarenakan diare sementara di Indonesia 100.000 balita meninggal setiap tahunnya karena diare. Faktor utama yang menjadikan diare menjadi sangat berbahaya adalah karena bagi orang yang terkena penyakit ini akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang sangat hebat sehingga mengakibatkan lemas dan membuat tubuh tidak berfungsi dan dapat membahayakan jiwa, khususnya bagi orang tua dan balita.
cuci-tangan.jpg                Diare disebabkan oleh makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri jahat bias juga disebabkan karena alergi pada makanan khususnya yang menganndung laktosa.maka dari itu mari kita biasakan pola hidup sehat dengan membuang sampah pada tempatnya serta menata sistem sanitasi atau pembuangan sampah dengan baik. Untuk mencegah diare dapat dilakukan cara-cara sebagai berikut : Mencuci tangan pakai sabun dengan benar pada lima waktu penting: 1) sebelum makan, 2) setelah buang air besar, 3) sebelum memegang bayi,  4)  setelah  menceboki  anak  dan  5)  sebelum  menyiapkan makanan; Meminum air minum sehat, atau air yang telah diolah, antara lain   dengan cara merebus, pemanasan dengan sinar matahari atau proses klorinasi; Pengelolaan  sampah  yang  baik  supaya  makanan  tidak  tercemar serangga (lalat, kecoa, kutu, lipas, dan lain-lain);  Membuang  air  besar  dan  air  kecil  pada  tempatnya,  sebaiknya menggunakan jamban dengan tangki septik. Apabila telah terlanjur terkena diare maka lakukan pertoolongan pertama yaitu dengan memberikan larutan oralit pada penederita dan makan serta minum dengan normal, bagi bayi terus minum ASI dengan normal pula.
                Biasakan pola hidup sehat konsumsi makanan sehat yang telah dimasak dengan proses yang benar. Membiasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan juga sangat penting guna meminimalisir kuman yang ada ditangan kita selam aktivitas. Olah raga juga sangat diperlukan untukl menambah daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar