Minggu, 01 Juli 2012

Be An Entrepreneur



Kecerdasan wirausaha adalah reatifitas dan inovasi yang ada dalam diri kita masing-masing yang dianugrahkan tuhan kepada setiap manusia untuk mengelola, mengemabangkan dan menciptakan nilai tambah  atas setiap sumber daya yang kita miliki. Kecerdasan wirausaha bukan sekedar ketrampilan amembangun bisanis semata, tetapi lebih dari itu adalah sebuah pola pikir dan pola tindak yang menghasilkan kreatifitas dan inovasi yang bertujuan untuk senantiasa memberikan nilai tambah atas setiap sumber daya yang kita  miliki betapapun kecilnya. Dimana sumber daya ini meliputi hobby atau kesukaan, bakat  yang sudah melekat pada diri, ktrampilan dan keahlian yang dipelajari, modal dan aset, hubang relasi dan sebagainya.

 Kasus 1

            Pada perkuliahan program studi bahasa inggris bulan oktober 2010 ada seorang mahasiswi mengajukan pertanyaan yang berinti bahwa biasanya seseorang itu akan merasa takut bila mau mulai berwirausaha, karena menurutnya wirausaha itu akan membuat kita rugi dan bangkrut, wirausaha itu tidak akan menghasilkan apa-apa tambahnya, alas an berikutnya walaupun kita belajar kita tetap takut memulai berwirausaha atau menjalankan bisnis.

            Sejenak saya berpikir dan teman-teman mahasiswa tampak setuju dan mengiyakan pertanyaan mahasiswa tadi. Jadi inti pertanyaan tadi adalah kebanyakan orang tidak berani atau takut memulai berwirausaha atau membuka bisnis sendiri, atas pertanyaan tersebut saya sebagai dosen pengampu mata kuliah entrepreneurship cukup menjawab: JANGAN TAKUT!!! Maka kelas menjadi riuh dan ramai dengan berbagai komentar dari mahasiswa, keadaan ini terjadi samapai semua terdiam dengan perasaan mereka masisng-masing. Berikutnya saya memotifasi para mahasiswa dengan memberikan penjelasan lebih lanjut bagaimana kita bias merasa takut untuk memulai berwirausaha kalau kita tidak manjalankan dan melakukannya..
            Selanjutnya saya jelaskan sebagai berikut, untuk mencapai kamapaman hidup dan kemapaman financial kita harus berani membangaun bisnis atau berwirausaha sesuai dengan sumberdaya yang kita miliki (bakat, hobby, ktrampilan, keahlian dan lain sebagainya). Menjalankan wirausaha atau bisnis akan memberikan pendapat yang terus menerus apabila dijalankan dengan benar. Oleh karena itu apabila kita menginginkan kemapanan dalam hidup dan cukup financial(bukan kekayaan semata) jadilah entrepreneur dan mulai berwirausaha.

Kasus II

            Pada perkuliahan awal November 2010 peogram studi teknik unformatika kuliah kewirausahaan seorang mahasiswa berkomentar, kuliah kewirausahaan initidak akan gunanya meskipun kita diberi ilmu tanpa diberi modal tidak akan terbentuk wirausaha yang handal dan professional katanya. Saya sebagai dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan bertanya kepada mahasiswa tersebut: “ apakah saudara tidak mempunyai modal?” hamper serentak mahasiswa menjawab “ ya pak, kami rata-rata tidak punya modal bagaimana kami menjadi wirausahawan!!” saya pun menjawab kepada mereka “kalau saudara punya modal tidak perlu jadi wirausahawan, selanjutnya saaya menambahkan kalau sudara sudah punya modal berarti saudara sudah kaya Untuk apa membangun bisnis’. Dialogpun berkembang positif sesuai tujuan dari matakuliah kewirausahaan, untuk lebih memotifasi para mahasiswa selanjutnya saya memberikan penjelasan tentang kesuksesan. Untuk menjadisukses, kita pasti bias mencapaunya, untuk mencapai sukses dengan cepat pasti merupakan keinginan semua orang dan banyak orang yang bias mencapainya. Tetapi ada pula yang menunda ada pula yang terlambat. Jadi kalau diperhatikan dan cermati semua orang itu padti bias sukses.

            Oleh karena itu untuk mecapai sukses yaitu dengan memanfaatkan sumber-sumber yang ada pada diri kita yang sudah diberikan oleh tuhan, inilah modal kita. Marilah kita latih kita manfaatkan dan kita gunakan sebaik-baiknya supaya kita bias menjadi wirausaha dan membangun bisnis.
            Untuk memperoleh modal sebenarnya labih mudah daripada mencapau sukses itu sendiri, jika dalam sukses harus bekerja keras dan harus melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dan berkaitan dengan kesuksesan. Sedangkan untuk memiliki modal seseorang hanya perlu menggali potensi yang ada pada dirinya serta memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya itu sendiri.
            Jai kesimpulan dari jawaban diatas adalah:
Sukses, pasti kita bisa
Modal, kita punya
Maka jadilah entrepreneur dan mulailah membangun bisnis.
            Untuk mulai berani atau tidak dan memiliki modal untuk menjadi wirausaha sebaiknya mulai bekerja dahulu, dari bekerja ini kita bias mempunya pengalaman dan pengetahuan serta mengumpulkan pendapatan yang kita peroleh yang nantinya bias menjadi modal (dalam bentuk tabungan). Setelah dirasa cukup pengalaman dalam pekerjaan dan uang mulailah membangun bisnis sendiri. Belajarlah dari pekerjaan, untuk memulai dan membangun bisnis. Seperti kata ahli pendidikan “ Learning By Doing”.
            Semangat, kecerdasan dan kekuatan adalah unsutr-unsur yang dapat mengembangkan dan mencapai kesuksesan berwirausaha. Kita pada dasarnya mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai sukses berwirausaha, keberanian melakukan yang biasanya tidak kita miliki, Sehingga kebanyakan dari kita tertunda untuk mecappai sukses.
            Selalu belajar akan membangun kecerdasan kita pengalaman dapat meningkatkan kemampuan sukses dan kemampuan financial dapat diraih.

Sumber tulisan:
  1. Ari Wibowo dan Sri Bawono (2004) “ the power of entrepreneurial intelligence”
  2. Eman Suherman (2008) “Busines Entrepreneur”
  3. Friences Z. Heflin (2010) “ Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis” 
  4. Kuliah bisnis dankewirausahaan UNP Kediri.
by : Hamzah Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar