Jumat, 06 Juli 2012

KKN = Kisah Kasih Nyata ??????



Mahasiswa yang akan menempuh mata kuliah KKN sering kali dibinggungkan dengan berbagai pertanyaan tentang KKN. Pertanyaan mendasar yang sering dibingungkan adalah apa itu KKN, dan kegiatan apa yang dilaksanakan ditempat KKN. Sebagai civitas akademika yang aktif, beberapa mahasiswa tak jarang menanyakan masalah KKN kepada seniornya yang telah melaksanakan KKN. Dalam masa pencarian informasi ini, mahasiswa dihadapkan dengan berbagai macam karakter senior, ada yang bisa memberikan informasi dengan lengkap dan gamblang, ada juga yang malah menanggapinya dengan guyonan dan plesetan tentang KKN. Salah satu plesetan yang sering dilontarkan tentang KKN adalah KKN itu Kisah kasih nyata. Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas, kali ini warta nusantara menghadirkan informasi KKN dari sumber yang terpercaya yaitu Drs. Setya Adi Sancaya, M.Pd sebagai Unit KKN dikampus tercinta kita ini.
Perguruan tinggi merupakan bagian integral dari tata kehidupan bermasyarakat. Oleh karenanya berbagai permasalahan yang ada di masyarakat juga merupakan permasalahan bagi Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sangat berkepentingan dan terpanggil untuk ikut serta mengupayakan pemecahan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dimaksud, demi terwujudnya kemajuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Perguruan Tinggi dalam menjalankan fungsinya melalui Tri Darma, yakni : 1) Pendidikan dan Pengajaran, 2) Penelitian, 3) Pengabdian pada masyarakat. Melalui Darma ketiga khususnya, Perguruan Tinggi akan mengambil langkah-langkah untuk ikut serta memecahkan masalah-masalah di masyarakat sebagaimana dimaksud. Oleh karenanya, untuk mengaplikasikan fungsi atau melaksanakan Darma ketiga dimaksud, Perguruan Tinggi antara lain menyelenggarakan program kegiatan bagi mahasiswa yang dikenal dengan istilah “Kuliah Kerja Nyata” (KKN) yang didalamnya secara simultan terkait pula unsur Darma lainnya (Pendidikan dan Penelitian).
Selanjutnya melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, Perguruan Tinggi dan khususnya mahasiswa dapat mengabdikan diri kepada masyarakat sehingga dengan terjunnya mahasiswa ke masyarakat, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan nyata di masyarakat, serta mampu memberikan kontribusi positif pada masyarakat dalam upaya melaksanakan pembangunan. Disamping itu memberikan kemungkinan bagi mahasiswa sendiri dalam upaya meningkatkan keluasan wawasan dan pengalamannya melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat.
Harapan-harapan diatas, kiranya sangat dimungkinkan dapat diwujudkan, karena melalui program KKN, yang pasti akan mengkondisikan mahasiswa untuk berhadapan secara langsung dengan berbagai masalah yang terdapat dalam masyarakat, dan sekaligus menuntut mahasiswa untuk mencoba melakukan identifikasi masalah yang ada dan menyusun strategi bagi upaya pemecahannya (analisis), hingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya. Dengan demikian berdasarkan pemikiran diatas, kiranya program KKN penting untuk dilaksanakan.
Pengertian Kuliah Kerja Nyata (KKN) - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program kegiatan belajar yang dilaksanakan di lapangan oleh mahasiswa program pendidikan Sarjana Strata Satu (1) sebagai upaya mengaplikasikan kemampuan teori dengan praktek ditengah-tengah kehidupan masyarakat, yang erat dengan permasalahan.
Dalam kegiatannya diharapkan dapat melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Disamping itu dalam kehidupan nyata masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu dan kemampuannya serta mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
Fungsi dan Tujuan KKN - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program yang diberlakukan wajib bagi mahasiswa, karena fungsi yang penting antara lain: a) Untuk membina kedekatan hubungan antara lembaga Pendidikan Tinggi dengan Masyarakat, b) Untuk memacu aktifitas masyarakat dalam pembangunan (Peningkatan SDM), dan c) Dapat memanfaatkan lingkupan sebagai sumber belajar.
Berdasarkan fungsi program KKN sebagaimana dipaparkan diatas, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam aplikasinya dimaksudkan untuk mencapai tujuan sebagai berikut a) Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap positif masyarakat, b) Meningkatkan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia c) Meningkatkan Upaya-upaya untuk mengentaskan kemiskinan d) Meningkatkan motivasi anggota masyarakat dalam pembangunan diri dan masyarakat diberbagai bidang, e) Meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya Pendidikan pada umumnya dan pendidikan Tinggi khususnya bagi masyarakat dalam menunjang program pengentasan kemiskinan dan pembinaan kualitas SDM, f) Memberikan pengalaman kepada para mahasiswa mengenai realita kehidupan masyarakat yang sarat dengan segala kompleksitas masalahnya g) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mencari dan menemukan informasi / data, serta mengidentifikasi masalah-masalah pokok dan penting, untuk kemudian merumuskan masalah dan memecahkannya melalui pendekatan ilmiah
Peranan KKN dalam Pembangunan - Penduduk Indonesia sebagian besar bertempat tinggal di pedesaan. Agar dapat hidup sejahtera, masyarakat pedesaan harus membangun. Pembangunan yang dimaksud adalah pembangunan fisik dan pembagunan non-fisik. Pembangunan fisik misalnya pembangunan dan perbaikan jalan, tempat pendidikan, tempat ibadah, kamar mandi dan WC dan sebagainya. Pembangunan non-fisik misalkan peningkatan keimanan, peningkatan kesehatan, peningkatan kualitas pendidikan dan sebaginya.
Dalam melakukan pembangunan fisik dan non-fisik, penduduk pedesaan tidak lepas dari masalah. Permasalahan yang dihadapi sangat kompleks, dengan adanya KKN diharapkan permasalahan yang dihadapi masyarakat pedesaan dapat teratasi.
Dalam hal inilah peran KKN dalam pembangunan masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat pedesaan pada khususnya. Kuliah Kerja Nyata (KKN) berperan dalam pembangunan sebagai motivator dan dinamisator masyarakat.
Paparan diatas mengenai KKN sekiranya masih kurang lengkap jika belum ditambahkan tentang kegiatan – kegiatan apa yang dilaksanakan dalam program KKN ini. Pada pelaksanaan KKN kegiatan dibedakan menjadi tiga macam ditinjau dari segi bidang kegiatan ada program pendidikan dan non pendidikan, ditinjau dari segi sifat, program KKN dapat dibedakan menjadi kegiatan yang bersifat fisik dan non fisik, dan yang terakhir ditinjau dari segi pelaksana, program kegiatan KKN dibedakan menjadi program kelompok dan program individu. Program kelompok adalah program kegiatan yang disusun oleh kelompok yang bersangkutan dan pelaksanaannya pun dilaksanaannya dilakukan bersama – sama oleh anggota kelompok. Sedangkan program individu adalah program kegiatan KKN yang melibatkan seorang mahasiswa.
Lalu apa kaitan antara KKN dengan kisah kasih nyata? Ditinjau dari lokasi KKN, KKN biasa dilaksankankan di daerah yang masih baru bagi mahasiswa dimana daerah ini masih membutuhkan bantuan untuk pengemnagannya. Dalam adaptsi dengan daerah yang baru ini terjadi interaksi antar mahsiswa dalam satu kelompok. Interaksi yang intens selama KKN inilah bisa menumbuhkan benih – benih kasih ssayang. Program kegiatan kelompok pun turut memberikan andil dalam kisah kasih nyata dalam pelaksanaan kegiatan KKN. Jadi tidak salah pula jika KKn diartikan Kisah kasih nyata. (wiar)
1.Program pendidikan sekolah
2. Mahasiswa KKN bersama dengan warga sekitar lokasi KKN memperbaikai atap mushola    setempat. (Program Kelompok)
3. Program individu bimbingan belajar  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar